PT Barito Pacific Tbk

PT Barito Pacific Tbk didirikan pada tahun 1979 dengan nama PT Bumi Raya Pura Mas Kalimantan. Perseroan pada awalnya, dikenal sebagai perusahaan pengolah hasil hutan yang terintegrasi. Keberadaan Perseroan di industri kehutanan dan perkayuan mendapat pengakuan secara luas dalam industrinya terutama di era '80-an.

Perseroan merupakan salah satu pionir di bidang pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI), yang menerapkan cara pengolahan hutan berkelanjutan. Dengan cara pengelolaan hutan yang berkelanjutan ini, Perseroan membangun reputasinya sebagai salah satu pelopor perusahaan kehutanan ramah lingkungan yang muncul dari Asia.

Pada tahun 1993, Perseroan mencatatkan sahamnya di pasar modal di Jakarta dan Surabaya (sekarang kedua pasar modal itu bergabung menjadi Bursa Efek Indonesia) dengan nama PT Barito Pacific Timber Tbk. Hasil penjualan saham itu digunakan untuk memperluas bisnis industri kehutanan dan menjaga kelangsungan pasokan bahan baku bagi pabrik pengolahan kayu Perseroan. Saat itu Perseroan memiliki lima pabrik pengolahan yang bersama-sama memproduksi plywood, blockboard, particle board, dan woodworking product yang diekspor ke Asia, Eropa dan Amerika.

Perseroan melakukan perubahan nama menjadi PT Barito Pacific Timber Tbk pada tahun 1996, bergerak dalam industri perkayuan terpadu dan tetap konsisten sebagai perusahaan yang ramah lingkungan dan menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi.

Iklim tak kondusif yang menyelimuti industri kehutanan di Indonesia sejak akhir tahun '90-an, menyusul krisis keuangan yang melanda Asia, menyebabkan Barito Pacific menghentikan produksi plywood.

Sebagai respon tehadap iklim tak kondusif di sektor industri perkayuan, Perseroan merampingkan bidang usaha perkayuan dengan hanya memproduksi particle board di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan pada saat yang sama melakukan diversifikasi usaha ke bidang industri sumber daya lainnya.

Melalui sebuah perencanaan dan persiapan yang matang sejak beberapa tahun silam, Barito Pacific telah bertransformasimenjadi sebuah perusahaan sumber daya yang terdiversifikasi.

Pada tahun 2007, salah satu keputusan kunci dalam upaya transformasi ini adalah perubahan nama perusahaan, identitas, dan warna dari PT Barito Pacific Timber Tbk menjadi PT Barito Pacific Tbk. Perseroan memutuskan untuk tidak lagi menggunakan kata "Timber" agar merefleksikan diversifikasi lini usaha Barito saat ini dan juga pertumbuhannya di masa depan.

Akuisisi Chandra Asri di tahun 2007 yang menjadikan Perseroan sebagai pemegang saham mayoritas pengendali dengan kepemilikan sebesar 70% pada satu-satunya produsen olefin di Indonesia merupakan tonggak sejarah penting bagi Barito Pacific. Masuknya Chandra Asri dalam portofolio Perseroan telah memberikan Barito Pacific sebuah basis yang strategis untuk melakukan pengembangan bisnis migas ke arah hilir, sementara pada saat yang sama juga terus mencari peluang untuk turut memiliki andil di dalam sektor usaha sumber daya energi di masa depan. Akuisisi tersebut kemudian diikuti dengan akuisisi PT Tri Polyta Indonesia Tbk, produsen polypropylene terkemuka yang bahan bakunya dipasok oleh Chandra Asri, pada bulan Juni 2008.

Pada tahun 2011, PT Chandra Asri dan PT Tri Polyta Indonesia Tbk menggabungkan diri untuk membentuk PT Chandra Asri Petrochemical Tbk sebagai produsen petrokimia terbesar dan terintegrasi di Indonesia.
Barito Pacific bergerak dalam bidang usaha yang semakin luas yaitu kehutanan, petrokimia, properti, perkebunan dan akan mengembangkan sejumlah lini usaha tambang dan energi ke dalam sebuah perusahaan sumber daya yang terdiversifikasi.

Visi dan Misi

VISI

Menjadi sebuah perusahaan sumber daya yang terdiversifikasi dan terintegrasi yang dapat tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan dalam jangka panjang untuk memberikan nilai tambah kepada pemangku kepentingan.


MISI

Memantapkan pijakan di sektor-sektor industri yang terbarukan dan berorientasikan sumber daya yang memiliki pertumbuhan dari hulu ke hilir dengan melakukan diversifikasi dan integrasi usaha ke bidang industri sumber daya yang memberi arus pendapatan yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan di masa datang.


NILAI - NILAI DASAR
·        Tata Kelola Perusahaan Yang Baik
·        Tranparansi 
·        Akuntabilitas 
·        Tanggung Jawab 
·        Kemandirian 
·        Kewajaran

Head Office :

PT. BARITO PACIFIC Tbk
Wisma Barito Pacific, Tower B, Lt.8
Jl. Letjen S. Parman Kav. 62-63
Jakarta 11410

Telp          : 62 21 5306711
Fax           : 62 21 5306680
Website     : www.barito-pacific.com
E-mail       : [email protected]



2 Responses to "PT Barito Pacific Tbk"

  1. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami dari TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : [email protected]

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : [email protected], [email protected]
    Web : www.twinlogistics.co.id

    BalasHapus
  2. Dengan Hormat
    kepada Bagian Import

    Perkenalkanlah kami Dari PT.Pressti asia indonesia Yang begerak dibidang Jasa Export – Import Door To Door International Air & Sea Freight fowader yang telah berpengalaman dibidang Door To Door.
    kami memberikan pelayanan jasa dengan tarif terbaik berdasarkan berat (KG) atau volume (M3), Jika Anda Membutuhkan Jasa Import / Export Yang Lebih Hemat, Cepat Dan Tepat.
    Pressti Cargo Dapat Menambah Nilai Bisnis Anda

    Rincian jasa kmi tertera diAttachment :
    Pelayanan Utama:- Jasa Export Import Door To Door/Borongan
    - Door To Door Service
    - Domestic Service- Customs Brokerage–Custom Clearance
    - Under Name
    - Import Sea Freight Dan Air Freight Service
    - Export Sea Freight Dan Air Freight Service
    - Sudah termasuk Pajak Impor,Freight dan Biaya Lainnya
    - Untuk mengenai pembayaran setelah barang diterima digudang Bapak / Ibu

    Note :Kami tidak menerima barang2 larangan seperti Airsoft Gun, Alkohol, Obat-obatan terlarang & Kimia, terutama kimia yang tidak disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).
    Kami tidak bertanggung jawab/tidak akan mengganti kerugian apabila didapati adanya barang2 bahaya/larangan tersebut.
    Dan apabila diketahui barang membahayakan maka kami akan melapor kepada pihak yang berwajib.

    CONTACT US
    Muhammad Al-Amin. Z
    Jl. Raya Lenteng Agung Kav. 22 No. 20
    Jakarta Selatan 12610 Indonesia
    Our operational hoursMon – Sat 08.00 – 17.00 WIB
    Phone : 021 - 7888 6595
    HP&WA : 081397857012
    E-mail : [email protected]

    BalasHapus