PT INDONESIA CHEMICAL ALUMINA

PT. ICA merupakan pelopor industry CGA di Indonesia dan menempati posisi yang kelima di kawasan Asia Pasifik selain Jepang, Cina, Australia, dan Korea dalam pengolahan bauksit menjadi Chemical Grade Alumina (CGA). Selain menjadi pionir dalam pemenuhan persyaratan Hukum Pertambangan Indonesia untuk memproses bahan baku di dalam negeri, juga akan menjadi pendorong bagi pembangunan daya saing serta nilai tambah industri berbasis alumina di Indonesia kedepannya.

Chemical Grade Alumina (CGA) pada umumnya merujuk pada produk kimia dalam bentuk aluminum hidroksida dan alumina yang digunakan untuk berbagai aplikasi industri kecuali industri alumunium. Alumunium hidroksida adalah produk setengah jadi yang dapat digunakan untuk pemurnian air. Sementara alumina dapat digunakan untuk memproduksi komponen pendukung elektronik. Beberapa produk yang menggunakan CGA di antaranya adalah refractoriness (bahan tanpa panas), abrassive, produk rakitan, Integrated Circuit (IC), serta bahan dasar untuk layar LCD.

Proyek CGA di Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat Indonesia, akan memproses cadangan Bauksit Antam untuk memproduksi 300.000 ton CGA per tahun. Produk CGA ini akan diekspor ke Jepang dan negara-negara lain, dan juga untuk dijual di pasar domestik Indonesia.

Pengolahan alumina di Tayan direncanakan akan menghasilkan produk CGA dengan mengolah bijih bauksit melalui proses Bayer menjadi produk alumina dengan kapasitas 300.000 metrik ton Al2O3 (alumina) basis per tahun. Proses Bayer terdiri dari tiga tahapan, yaitu proses disolusi terus menerus (proses penjernihan liquor), proses pengendapan, dan proses kalsinasi.

Produk ini akan dipasok ke berbagai industri yang memanfaatkan alumina untuk menghasilkan deterjen, kertas, semen, pengolahan air, refractoriness (bahan tanpa panas), abrasive, polishing, keramik kaca, dan lainnya.

Pabrik CGA Tayan akan memproduksi lebih dari 100 jenis hidrat alumina dan produk alumina. Untuk menghasilkan produk ini, proses produksi di Tayan akan dilakukan dalam arsitektur pabrik berbasis teknologi “Proses Bayer” yang dimiliki oleh Showa Denko, Jepang, yang telah berpengalaman lebih dari 70 tahun dalam mengoperasikan pabrik tersebut di Yokohama. Pengolahan Alumina secara khusus dilakukan dengan penggilingan, pencampuran, pengolahan, serta banyak lagi lainnya. Produk yang dikemas dalam kantong kertas, kantong jumbo dan curah, disimpan di gudang sebelum dikirim ke pasar. Pengiriman produk akan dilakukan melalui tongkang dari Pelabuhan Tayan ke Pontianak dan dilanjutkan pemuatan ke kapal untuk dikirimkan ke tujuan.

 


Visi

Menjadi perusahaan yang terpercaya, prestisius dan terkemuka secara internasional dalam bidang industri Alumina.

Misi

·         Menghasilkan produk alumina berkualitas tinggi sesuai persyaratan pelanggan melalui praktek industri terbaik.

·         Memanfaatkan sumber daya secara optimal dengan memperhatikan keselamatan kerja, kelestarian lingkungan dan keberlanjutan.

·         Memaksimalkan nilai perusahaan bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan.

·         Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan bisnis perusahaan.

Kebijakan Mutu

PT. Indonesia Chemical Alumina berkomitmen untuk mencapai kepuasan pelanggan melalui perbaikan berkesinambungan dalam produk dan jasa.

Untuk mencapai target tersebut kami akan :

Memenuhi semua persyaratan pelanggan dan memberikan standar kualitas yang disepakati.

Meningkatkan kualitas proses untuk mencapai tingkat produktivitas, kualitas, keselamatan dan kesehatan kerja, serta lingkungan sesuai dengan “best practice”

Melakukan kegiatan perusahaan dengan terus berkomitmen untuk mematuhi semua peraturan.

Meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan untuk secara efektif memenuhi perubahan persyaratan pelanggan dan perkembangan bisnis perusahaan

Kami akan mengkomunikasikan kebijakan ini kepada setiap karyawan dan mereview secara berkala untuk kesesuaiannya.

Corporate Value

Integrity

Customer Focus

Accountability

 

Integritas

Setiap perjanjian kesepakatan kerjasama selalu didasarkan pada asas kejujuran dan keadilan

Fokus Kepada Pelanggan

Kami di sini untuk memuaskan konsumen, dengan cara menyediakan produk berkualitas terbaik dan nilai yang berkelanjutan, kami memastikan pelanggan kami mendapatkan produk unggulan untuk memenuhi kebutuhan mereka

Akuntabilitas

Kami semua bertanggung jawab satu sama lain, pelanggan kami dan investor kami. Akuntabilitas perorangan sangat penting untuk mencapai keseluruhan tujuan dan sasaran perusahaan

 

PT INDONESIA CHEMICAL ALUMINA

Kantor Pusat

 4th. Floor Gedung Aneka Tambang

Jl. Letjen TB. Simatupang No.1, Lingkar Selatan, Tanjung Barat

Jakarta 12530

Tel : (62-21) 780 3340

Fax : (62-21) 7803430

 Website : www.pt-ica.com

Operasional Pabrik

Trans Kalimantan, Piasak

Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir, Kab. Sanggau

Kalimantan Barat 78564

 

0 Response to "PT INDONESIA CHEMICAL ALUMINA"

Posting Komentar